TIP UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN CEPAT

Dalam menciptakan perubahan dibutuhkan pemimpin yang” BERANI”mengambil keputusan. Leadership sebenarnya berhubungan erat dengan keberanian. Hanya orang-orang yang berani yang memiliki kepemimpinan dan berhak menyandang panggilan sebagai pemimpin. Pada denyut nadi kepemimpinan mengalir darah-darah keteladanan, kepedelian dan pengorbanan. Tanpa pengorbanan, kepemimpinan kehilangan makna. Maka dibutuhkan keberanian untuk menunjukkan bahwa Anda peduli. Tanpa kepedelian itu, orang tak akan peduli pula dengan kepemimpinan anda. Dalam bahasa Ingris dikenal istilah Courage(berani) dan Encouragement (pengorbanan semangat).

Berikut ini Tips untuk mendorong anda dalam mengambil keputusan :

  1. Dalam setiap kondisi apapun, yakinkan diri Anda bahwa suatu keputusan harus diambil.Selalu ada resiko dalam hidup ini, dan masa depanadalah mereka yang berani menghadapi persoalan dengan gagah, ketimbang lari dan bergerilya di belakang
  2. Biasakan dekat dengan masalah. Masalah adalah sesuatu yang harus dihadapi, bukan untuk dihindari. Para Filsuf sudah sejak dahulu kala menunjukkan bawa masalah selalu memberikan arti bagi kehidupan .
  3. Selalu bedakan antara orang yang mempunyai masalah besar (who has a big problem) dengan orang yang membuat masalahmenjadi besar 9who makes a problem big)
  4. Kebanyakan kita sering berteriak punya masalah besar atau menuding orang lain punya masalah besar. Yang sebenarnya adalah Anda telah bereaksi secara salah terhadap suatu masalah. Dengan cara demikian, anda telah membuat masalah” menjadi besar”
  5. Cepat selesaikan suatu masalah sebelum masalah itu tumbuh menjadi besar, menyebar ke mana-mana dan menjadi musibah.
  6. Indentifikasi masalah dengan cepat. Gunakan system dan orang-orang yang dapat mengajari anda. Yang anda butuhkan bukanlah orang-orang penting, tetapi orang yang mau menyampaikan dengan benar
  7. Terlibat dalam proses. Jangan berpangku tangan, menjadi diri pemalas.Cobalah terlibat dan benamkan diri anda dalam suatu kegiatan. Dengan berada ditengah-tengah mereka, Anda akan menjadi lebih mengerti dan lebih mudah/berani membuat keputusan.
  8. Berpikir Positif. Anda seringkali tidak perlu memperbaiki atau mengubah suatu masalah. Yang perlu anda lakukan adalah mengubah cara pandang atau titik perspektif dimana anda melihat itu suatu masalah. Masalahnya bisa saja tetap sama, tetapi dengan berpikir positif, anda bisa merasakan suasana yang berbeda. Dengan suasana berbeda, anda bisa lebih antusias. Antusiasme adalah modal penting untuk mengambil keputusan dan menciptakan perubahan.

Biasakan Membuat Rencana Tindakan (Action Plan). Salah satu masalah besar yang dihadapi manusia Indonesia adalah tidak terbiasa bekerja denganrencana. Karena tidak biasa bekerja dengan rencana, para pemimpin sering kali tidak menghormati, bahkan cenderung melangkahi rencana yang dibuat oleh pengikutnya. Mereka mengatakan, dengan rencana, pekerjaan-pekerjaan justru menjadi terbengkalai. Rencana tentu tidak saja berdiri sendiri. Sebuah rencana yang baik menbutuhkan rencana-rencana tindakanyang dilengkapi dengan pengendalian dan back up system.Semakin besar suatu perusahaan atau suatu organisasi semakin komplek permasalahan yang dihadapi, dibutuhkan back up system yang memadai untuk mempercepat proses pengambilan keputusan. (sumber Renald Kasali ‘Change”)

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *